Saturday 28 February 2015

About Textile KNOWLEDGE


Textile KNOWLEDGE adalah sebuah situs blog penyedia artikel, tulisan dan refrensi untuk bidang ilmu pengetahuan tekstil dan kimia. Prinsip kami “Source of reliable knowledge Textiles” menjadikan Textile Knowledge berkomitmen untuk hanya menyediakan bahan referensi yang bermanfaat dan terpercaya. Diambil dari buku buku ilmiah, pengalaman atau praktik lapangan langsung.


Tekstil adalah bahan yang berasal dari serat (baik alami maupun sintetis) yang diolah menjadi produk tekstil berupa benang atau kain, yang digunakan sebagai bahan untuk  pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya. Dari pengertian tekstil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan/produk tekstil meliputi produk serat, benang, kain, pakaian dan berbagai jenis benda yang terbuat dari serat.

Referensi berasal dari inggris reference yang artinya menunjukan kepada. Buku referensi adalah buku yang dapat memberikan keterangan topik perkataan, tempat, peristiwa, data statistika, pedoman, alamat, nama orang, riwayat orang-orang terkenal. Adapun pelayanan referensi adalah pelayanan penggunaan buku-buku referensi. Di perpustakaan biasanya buku-buku referensi di kumpulkan secara terpisah dengan buku-nuku koleksi. Buku-buku ini disebut sebagai “koleksi referensi”, sedangakan ruang tempat penyimpanannya disebut ruang referensi. Buku-buku referensi ini biasanya tidak boleh dibawa pulang (hanya boleh dibaca di ruang referensi) karena sifatnya sebagai buku penunjuk yang harus selalu tersedia. Sehingga buku referensi dapat digunakan oleh setiap orang setiap saat.

Kini kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk kebaikan semaksimal mungkin, hadirnya Textile KNOWLEDGE by textilereference.net berkomitmen untuk menyediakan berbagai pengetahuan tentang tekstil, yang diambil dari berbagai sumber terpercaya.

Tagline nya “Source of reliable knowledge Textiles” menjadikan Textile Knowledge hanya menyediakan artikel artikel bermanfaat dan terpercaya, sebagai perpanjangan tangan dari berbagai sumber seperti dibawah ini:

Suparli. L, dkk, Teori Pembuatan Kain Vol I, DEPDIKBUD, Jakarta, 1997.
Chatib. Winarni, dkk, Teori Penyempurnaan Tekstil, DEPDIKBUD, Jakarta, 1980.
Sunarto,Teknologi Pencelupan dan Pencapan, DIKNAS, Jakarta, 2008.
Chatib. Winarni, dkk, Pengetahuan Bahan Tekstil, DEPDIKBUD, Jakarta, 1978.
Sukirman, Sistem Manufaktur Serat 1, Teknik Kimia FTI UII, Yogyakarta, 2013
Taufiq. Agus, Proses Kimia Tekstil 1, Teknik Kimia FTI UII, Yogyakarta, 2013
Ernawati, dkk, Tata Busana, Macana Jaya Cemerlang, Jakarta, 2008
Budiyono, dkk, Kriya Tekstil, DIKNAS, Jakarta, 2008
Sugih. Aris, Serat Tekstil , Teknik Kimia FTI UII, Yogyakarta, 2013
Subagyo, Sistem Manufaktur Serat Alam, Teknik Kimia FTI UII, Yogyakarta, 2013
Latif, Abdul, Teknologi Pembuatan Benang dan Kain, DIKNAS, Jakarta 2008
Sukirman, Evaluasi Tekstil, Teknik Kimia FTI UII, Yogyakarta, 2013

Noerati, Gunawan, Muhammad Ichwan, Atin Sumihartati, Bahan Ajar Pendidikan & Latihan Profesi Guru (PLPG);Teknologi Tekstil, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil, 2013