Monday 2 March 2015

Pengertian Bahan Tekstil

Sebelum mendalami teknik tekstil, anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja material yang bisa digunakan untuk proses di industri tekstil. Apa itu material textile yang paling umum digunakan?

Textilereference.blogspot.com - Pengetahuan bahan tekstil dalam buku ini adalah pengetahuan bahan baku dari kain tekstil yang disebut serat tekstil. Bahan-bahan tekstil yang sangat bervariasi, difokuskan pada bahan tesktil dari Kapas (Cotton). Sehingga atas dasar tersebutlah maka dalam buku ini akan dipelajari tentang asal, macam, bentuk, sifat, kualitas serat kapas.

Serat kapas inilah yang nantinya akan dibuat menjadi benang (Fiber) dan dari benang menjadi kain (Fabric). Pekerjaan merubah serat menjadi benang disebut memintal (Spinning), Sedangkan pekerjaan merubah benang menjadi kain disebut menenun (Weaving) yaitu sebuah proses penganyaman anatar benang lusi dan benang pakan. Benang lusi adalah benang yang membujur pada kain dan benang pakan adalah benang yang melintang pada kain.


Setelah benang ditenunu masih banyak lagi proses pengerjaan lain yang harus dilakukan sebelum menjadi kain yang siap digunakan untuk dijadikan pakain. Pengerjaan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan memeperindah bentuknya. Proses-proses tersebut  dinamakan Proses Persiapan Penyempurnaan, diantaranya adalah proses Penganjian (Sizing), Pemasakan (Scouring), Pembakaran Bulu, Pengelantangan (Bleaching), Pencelupan (Dyeing) dan proses lain.